Mahir Berbahasa Inggris

Perkembangan teknologi mampu memberikan dampak yang signifikan bagi kehidupan manusia  saat ini. Misalnya saja, perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang telah mampu memberikan dan menyediakan berbagai layanan informasi terkait perkembangan zaman pada saat  ini. Tersedianya berbabagai layanan informasi telah mampu meningkatkan nilai produktivitas yang dimiliki seseorang. Contohnya saja tersedianya informasi terkait lowongan kerja, info-info terkait dunia pendidikan, politik, ekonomi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun, kadang-kadang kerap kali kita menjumpai suatu informasi yang di sajikan dengan menggunakan bahasa inggris. Suatu ketika kita menemukan informasi berbahasa inggris seperti, “what you ganna do?” kita tertarik untuk membacanya, tetapi kita tidak faham arti atau maksudnya, bahkan memilih men skip nya, padahal tanpa kita sadari informasi tersebut sangat penting, misalnya terkait penawaran beasiswa kuliah di luar negeri , informasi lowongan pekerjaan atau informasi penting lainnya.

Sebagai bahasa internasional dengan mayoritas pengguna tertinggi di dunia, tidak terkecuali di Indonesia, keberadaan bahasa inggris menjadi sangat vital. Bukanlah hal yang berlebihan jika sebagian besar orang bahkan menggunakan bahasa inggris sebagai alat komunikasi sehari-hari. Bahkan di beberapa lembaga pendidikan, bahasa inggris digunakan sebagai bahasa pengantar dalam kegiatan belajar mengajar.

Sebegitu pentingkah peran bahasa inggris dalam kehidupan modern ini? Sedominan apa peran bahasa inggris dalam memajukan umat manusia? Semahir apa penguasaan kita tehadap bahasa inggris ?.Serta pertanyaan-pertanyaan antusiasme lainnya, layaknya perlu kita cari tahu jawabannya. Ada beberapa hal terkait bahasa inggris yang perlu kita pahami :

  1. Mengapa kita harus mahir berbahasa inggris ?
  2. Apa saja yang akan kita dapatkan ketika mahir berbahasa inggris ?
  3. Sepenting apakah bahasa inggris bagi kita?

Terdapat banyak alasan, mengapa kita harus menguasai bahasa asing, khususnya bahasa inggris. Menurut pendapat sastrawan Jerman yang bernama Johann Wolfgang Von Goethe, bahwasanya mereka yang tidak tahu apapun tentang bahasa asing, sama saja dengan tidak mengenal bahasanya sendiri. Maksud pernyataan Johann Wolfgang Von Goethe adalah, setiap manusia di belahan bumi memiliki bahasa yang berbeda-beda. Walaupun begitu banyak bahasa yang ada, kita harus mengetahui bahasa yang ada di dunia, setidaknya satu bahasa asing dikarenakan semua manusia berada dalam satu tempat tinggal yaitu bumi. Maka dari itu, kita harus mengetahui bahasa asing diantaranya bahasa Inggris. Bahasa Inggris adalah bahasa asing yang dipatenkan menjadi bahasa Internasional sehingga kita dapat berkomunikasi dengan siapapun di belahan bumi ini.

Sejak ditetapkan bahasa inggris sebagai bahasa internasional, bahasa inggris memiliki peran serta  pengaruh yang besar dalam kehidupan. Contoh sederhana, ketika kita membeli handphone baru, laptop atau sekedar membuka website tertentu di internet, pasti menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar. Lalu ketika kita menjumpai moment seperti itu, sementara kita belum bisa atau belum tahu bahasa inggris, pasti akan langsung pusing, geleng-geleng kepala karena tidak faham artinya . Itu baru permasalahan sederhana yang kerap kita jumpai saat ini terkait penerapan bahasa inggris di era modernisasi saat ini, dan masih banyak permasalahan-permasalahan lain yang berkaitan dengan pentingnya bahasa inggris di kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya, apa yang akan kita dapatkan ketika kita mampu berbahasa inggris?

  1. Mendapatkan informasi lowongan pekerjaan

Perkembangan teknologi telah mampu memberikan dampak yang besar bagi perkembangan dunia saat ini. Misalnya saja, mempermudah dan mempersingkat pertukaran informasi yang sangat berguna diperusahaan-perusahaan dan bahkan didunia perindustrian. Nah saat ini banyak perusahaan yang menetapkan kualifikasi khusus bagi para karyawan, yaitu memiliki kemampuan berbahasa inggris. Kualifikasi ini bisa saja berpengaruh pada besaran gaji yang akan didapat, bahkan dapat meningkatkan potensi dan kesempatan bekerja di beberapa lembaga atau perusahaan.

 

  1. Memperoleh peluang beasiswa kuliah ke luar negeri

Banyak website yang berisi informasi terkait penerimaan dan syarat beasiswa kuliah ke luar negeri, tentunya informasi-informasi tersebut sangat berguna bagi kita yang bercita-cita kuliah di luar negeri. Jika kita berencana kuliah di luar negeri, bahkan sudah menentukan universitas , berarti kita sudah harus mempersiapkan persyaratan-persyaratan  yang dibutuhkan, diantaranya : kemampuan intelektual, nilai, prestasi dan yang terpenting dan merupakan syarat wajib, adalah kemampuan kita dalam berbahasa inggris.

Seperti layaknya melamar pekerjaan, untuk masuk ke universitas ternama seperti Harvard, Oxford ataupun Yale, kita harus memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni dan menggunakannya dengan pen

uh percaya diri.

 

Kita sering mendengar kisah-kisah kesuksesan seseorang karena bakat, kemampuan, keistimewaan atau bahkan keberuntungan yang mereka miliki. Berikut ini adalah kisah inspiratif dari salah seorang tokoh yang berhasil mendapatkan beasiswa dan mewujudkan impian kuliah di luar negeri, bahkan menikmati jalan-jalan ke luar negeri hanya bermodalkan kemampuan berbahasa inggris yang Beliau miliki.

Ya ! Beliau adalah Mr. Yanuar Dwi Prasetyo, Ph.D.

Beliau adalah salah satu dosen pada salah satu universitas swasta ternama di Bandar Lampung, yaitu UBL (Universitas Bandar Lampung ). Bahkan, saat ini Beliau mendapatkan peran penting sebagai Dekan FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ) UBL. Beliau banyak memberikan inspirasi bagi masyarakat luas. Kemampuan, pengalaman dan segudang prestasi yang Beliau miliki tentunya menjadi daya tarik dan nilai tambah tersendiri bagi perkembangan UBL secara umum.

Berkesempatan kuliah S2 di India, dan mampu menyelesaikan program Doktor S3 di University Limerick Irlandia. Semua Beliau raih melalui jalur beasiswa. Kemahiran berbahasa inggris, menjadi modal utama meraih prestasi-prestasi tersebut dan tentunya modal kemampuan intelektual yang Beliau miliki. Sangat inspiratif !

Tak ayal, semakin menjamurnya lembaga-lembaga yang menawarkan program beasiswa kuliah di luar negeri juga menjadi motivasi kuat bagi sebagian besar generasi muda dalam menentukan pilihan guna melanjutkan pendidikan / kuliah di luar negeri.

 

  1. Menikmati informasi yang tidak terbatas lewat internet

Bagi sebagian besar orang yang aktif di media sosial, berbagi dan menikmati berbagai informasi menjadi suatu kebutuhan. Dalam hal ini, kemampuan berbahasa inggris merupakan faktor penunjang yang penting. Kemampuan serta kemahiran berbahasa inggris  dapat mendukung kita dalam berselancar di dunia maya. Bertemu dan berkenalan dengan banyak orang dari belahan dunia lain, tentunya menggunakan bahasa internasional. Menikmati dan menemukan banyak informasi yang tidak terbatas di internet.  Hal tersebut dikarenakan, sebagian besar informasi yang bertebaran di dunia maya, diekspos dengan menggunakan bahasa Inggris. Jurnal, hasil riset /  penelitian, hingga artikel-artikel penting tersedia di internet banyak ditulis dengan menggunakan bahasa Inggris.

 

Semakin jelas bukan? Betapa pentingnya peran bahasa inggris pada era modern ini! Kemahiran dalam berbahasa Inggris, merupakan pintu menuju gudang informasi yang tidak terbatas. Semakin tinggi level kemahiran seseorang dalam menguasai bahasa inggris, semakin menunjukkan eksistensi wawasan intelektual, perkembangan juga kemajuan. Mampu bersaing dalam kehidupan nyata yang penuh tantangan globalisme.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *